Iklan

Iklan

HJW ke-625, Pemkab Wajo Usung Tema Merajut Sutera Merangkai Nusantara ri Tana Wajo

22 Maret 2024, 22:37 WIB Last Updated 2024-06-27T14:39:07Z



KABARSULSEL.COM, WAJO -- Pemerintah Kabupaten Wajo menggelar perayaan Hari Jadi Wajo (HJW) ke 625 di Lapangan Merdeka Sengkang, Senin 22 /4/2024. 


Berbeda dengan tahun sebelumnya, perayaan HJW tahun ini para peserta menggunakan Baju Sutera sebagai ciri khas Kabupaten Wajo. 


Puncak perayaan HJW juga diawali dengan persembahan tari kolosal yang dibawakan ratusan siswa siswi binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo dilanjutkan dengan pembacaan sejarah HJW oleh Ketua DPRD Wajo, H Andi Alauddin Palaguna. 


Pj Bupari Wajo, Andi Bataralifu menyebut, peringatan Hari Jadi Wajo, merupakan salah satu upaya untuk memperkuat identitas yang nilai-nilainya digali dari sejarah, budaya, dan adat istiadat yang tumbuh dan berkembang di daerah Wajo sejak awal mula keberadaanya.


"Kearifan dan kebijaksanaan leluhur  yang terekam pada berbagai dokumentasi, mengandung pelajaran berharga dalam berbagai bidang kehidupan yang patut dijadikan sebagai rujukan dalam mengukir sejarah perjalanan hidup  saat ini, hingga di masa yang akan datang. Termasuk bagi generasi muda," ungkapnya.


Lebih lanjut, Bataralifu mengurai, tema yang diangkat dalam HJW ke 625 ini, adalah Merajut Sutera Merangkai Nusantara ri Tana Wajo. Tema ini dielaborasi dari potensi dan keinginan masyarakat Wajo untuk menjadikan sutera sebagai produk unggulan daerah yang berdaya saing tinggi. 


"Kita bersyukur, karena sejak dulu, Kabupaten Wajo telah dikenal sebagai daerah penghasil sutera. Warisan budaya yang tak ternilai, yang ditinggalkan oleh pendahulu kita dan banyak orang yang datang ke daerah kita mencarinya,"  urai Andi Bataralifu.


Peluang ini kata Pj Bupati, harus ditangkap sebagai jalan untuk menebar kesejahteraan kepada seluruh masyarakat, terutama pelaku industri ini, dari hulu hingga ke hilir. 


"Semoga dukungan dari berbagai pihak, terutama dari Pemprov, dapat terus menginspirasi, sekaligus menjadi penggerak yang efektif dalam memajukan industri ini," harapnya.


Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengatakan, hari ini adalah hari spesial, selain HJW juga dilaksanakan hari Bumi dan Pencanangan Gerakan Peduli Stunting melalui kampanye makan telur setiap hari bagi balita dan ibu hamil. 


"Selamat Hari Jadi Wajo, semoga masyarakat tambah makmur dan sejahtera," ucapnya.(Humas Pemda)

Komentar

Tampilkan

  • HJW ke-625, Pemkab Wajo Usung Tema Merajut Sutera Merangkai Nusantara ri Tana Wajo
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan