Iklan

Iklan

Selamat! Kabupaten Wajo Raih Penghargaan Nasional Abipraya Prasasya dari Kemenkes

04 Juni 2024, 21:10 WIB Last Updated 2024-06-27T15:10:26Z



KABARSULSEL.COM, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Wajo dibawah kepemimpinan Pj Bupati, Andi Bataralifu kembali menorehkan prestasi. Kali ini penghargaan tingkat Nasional Abipraya Prasasya dari Kementerian Kesehatan RI.


Penghargaan Abipraya Prasasya diserahkan kepada Pemerintah Daerah yang telah menetapkan Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan melakukan aktivasi penggunaan dashboard e-monev KTR.


Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Andi Bataralifu pada Puncak Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang digelar oleh Kemenkes RI di Auditorium Siwabessy, Gedung Prof Sujudi Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Selasa (4/6/2024).


Kabupaten Wajo menjadi salah satu dari sembilan daerah di Indonesia, sekaligus satu-satunya daerah di Pulau Sulawesi  yang dianugerahi penghargaan Abipraya Prasasya ini.


Andi Bataralifu yang dikonfirmasi usai menerima penghargaan tersebut menyampaikan bahwa Penghargaan ini merupakan bentuk kerjasama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Wajo dalam penerapan kawasan tanpa rokok.


"Olehnya itu, Kami menyampaikan terima kasih kepada semua stakeholder terkait dan masyarakat Wajo atas kerjasamanya sehingga kita bisa meraih penghargaan ini. Paling penting adalah bagaimana komitmen kita mempertahankan esensi dari apa yang telah kita raih," ucap Andi Bataralifu yang hadir didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Armin bersama jajaran.



Sementara, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin yang hadir langsung pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa tugas regulator kesehatan adalah menjaga bagaimana rakyatnya tetap sehat, bukan sekedar mengobati rakyatnya saat sakit.


"Bagaimana membuat rokok tidak jaya, bagaimana kita ubah mindset anak muda kita bahwa merokok itu tidak cool, dan paling penting yang harus kita terapkan, pertama kita harus benar-benar masuk ke promotif preventif jaga hidup kita dan jangan merokok," ucapnya.


Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Pj. Walikota Jakarta Selatan Munjirin, Para Pejabat Kemenkes RI , Direktur KP KL Kemenkes Asia Pasifik, Deputi Representative UNICEF, Deputi Representative WHO serta Kepala Daerah Penerima Penghargaan dan undangan lainnya.


Sebagai informasi, selain Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan, delapan daerah penerima penghargaan lainnya yaitu Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Kabupaten Empat Lawang  dan Kabupaten Musi Rawas dari Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Lampung Tengah dan Kota Bandar Lampung dari Provinsi Lampung, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur. (Humas Pemkab Wajo)

Komentar

Tampilkan

  • Selamat! Kabupaten Wajo Raih Penghargaan Nasional Abipraya Prasasya dari Kemenkes
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan